Kamis, 19 Maret 2015

Alasan Stimulasi Janin dengan Musik Klasik Bermanfaat

Alasan Stimulasi Janin dengan Musik Klasik Bermanfaat
Alasan stimulasi janin dengan musik klasik bermanfaat (Foto)

MENDENGARKAN musik klasik kepada janin dalam kandungan telah banyak dilakukan para ibu-ibu muda. Hal ini tidak lain dikatakan berfungsi untuk menstimulasi perkembangan janin, termasuk bila dilakukan dengan rasa nyaman.
Dokter spesialis anak, dr Rini Sekartini, menjelaskan bahwa stimulasi sangat penting diberikan kepada anak sejak dalam kandungan. Tidak hanya dengan mencukupi nutrisi ibu dari dalam, tetapi juga rangsangan dari luar untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.
"Stimulasi atau rangsangan bisa diberikan sejak usia kehamilan sekira 20 pekan atau lima bulan. Salah satunya, sekarang yang sudah banyak dilakukan, adalah mendengarkan musik klasik. Musik klasik mudah diterima janin karena nadanya tinggi," tuturnya saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.
Namun, dr Rini menyarankan agar rangsangan dengan media suara yang didengarkan kepada janin juga harus diterima dengan nyaman oleh sang ibu. Hal ini penting agar ketidaknyamanan atau stres ibu tidak mempengaruhi anak dalam kandungan.
"Stimulasi dengan musik klasik kalau membuat ibunya bete buat apa? Kalau mendengarkan musik klasik karena disuruh dokter dan ibunya tidak nyaman ya sama saja, tidak akan ada banyak manfaatnya," kata dokter dari RSCM Jakarta ini.
Selain memperdengarkan musik klasik, beberapa tradisi seperti memperdengarkan ayat suci, mengelus perut ibu, atau berkomunikasi dengan janin juga dikatakan baik untuk stimulus janin dari luar. Dengan demikian, ini dapat memicu optimalnya pertumbuhan dan perkembangan anak.

sumner

0 komentar:

Posting Komentar